Gempa Jakarta 24 Oktober 2009 sekedar Isu atau..?

isu gempa jakarta 24 oktober 2009Baru saja saya menerima YM dari seorang teman yang isinya:

"BMG Info: sabtu 24 oktober 2009 kt harus waspada krn ad lempengan yg bergeser arah jakarta akan terjadi gempa di jakarta 8-8.5 skala ricther....kt usahakan jgn di gedung bertingkat..bagi yg tidak percaya bs searching di google jalur cincin gempa paling byk di pulau jawa.."

ada juga lainnya yang menerima pesan SMS yang isinya :

BMG Info: sabtu 24 oktober 2009 kt harus waspada krn ad lempengan yg bergeser arah jakarta akan terjadi gempa di jakarta 8-8.5 skala ricther....kt usahakan jgn di gedung bertingkat..bagi yg tidak percaya bs searching di google jalur cincin gempa paling byk di pulau jawa..bagikan kepada sdr atau tmn terdekat anda..

Wah..Kalo gitu ini sih bisa menjadi pesan berantai...

Pesan tersebut mengatas namakan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Melalui SMS itu juga diberikan himbauan bagi warga Jakarta agar tidak berada di gedung bertingkat pada waktu tersebut. Selain melalui YM, SMS, pesan tersebut juga beredar melalui BlackBerry Messanger (BBM) dan juga melalui facebook.

Memang sekitar 90 persen gempa bumi yang terjadi di dunia berada di jalur cincin gempa Indonesia atau Cincin Api Fasifik, dan 81 Persen gempa yang terjadi merupakan gempa paling terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah.

Gunung merapi yang berada dalam cincin gempa Indonesia terdiri dari 400 gunung berapi, dan 130 diantaranya masih berkategori sebagai gunung berapi aktif.

Lalu apakah yang dimaksud dengan cincin gempa?
sebenarnya cincin gempa ini lebih dikenal sebagai cincin api pasifik

Menurut Wikipedia :
Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik (bahasa Inggris: Ring of Fire) adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Berikutnya adalah Mid-Atlantic Ridge.


Namun, apakah ramalan isu ini akan terbukti? atau hanya akan menjadi keyword populer.. :) mari kita nantikan sambil waspada tentunya.

0 comments