Benjamin Netanyahu: Kami Hanya Mempertahankan Diri

bentrokan israel vs mavi marmaraPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Senin (31/5), menyampaikan “penyesalan” atas jatuhnya korban jiwa dalam penyerbuan ke konvoi kapal bantuan tujuan Gaza. Namun, ia mengemukakan para serdadu Israel bertindak untuk “mempertahankan diri”.

“Kami menyesalkan jatuhnya korban jiwa,” kata Netanyahu di Ottawa saat pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, di Ottawa, Kanada, seperti diberitakan AFP dan dikutip oleh Antara.

“Serdadu kami terpaksa mempertahankan diri supaya tidak kehilangan nyawa,” kata Netanyahu. PM Israel tersebut mempersingkat kunjungan ke Kanada dan menunda rencana ke Washington setelah insiden penyerbuan tersebut.

Netanyahu mengatakan bahwa pasukan komando Israel yang menyerbu kapal diserang oleh aktivis pro-Palestina saat tiba di kapal.

“Mereka dengan sengaja menyerang para tentara, para tentara diserang dengan pentungan, dipukuli dan ditusuk, bahkan ada laporan tentang adanya tembakan,” pungkas Netanyahu.

Netanyahu juga mengatakan ingin menempatkan insiden dalam konteks yang sebenarnya. Ia meyakini Hamas berusaha membawa rudal ke wilayah Gaza. “Kami ingin membiarkan semua kargo kemanusiaan masuk ke Gaza, tetapi kami ingin mencegah masuknya roket, rudal, dan bahan peledak,” kata Netanyahu.

Netanyahu pun menerangkan, Mavi Marmara adalah satu-satunya kapal yang tidak mengindahkan perintah pasukan Israel. “Kami mampu menguasai lima dari enam perahu. Mavi Marmara mengabaikan perintah untuk mengubah arah. Kapal itu adalah kapal terbesar dalam konvoi ini. Ada ratusan orang di kapal. Mereka tidak bersedia bekerja sama,” ungkap Netanyahu lagi, seperti yang ditukil Kompas dari Lefigaro.

Sebelumnya, ia pun mengatakan, pasukan yang diterjunkan ke atas geladak kapal Mavi Marmara sempat mendapatkan serangan dari para sukarelawan yang berada di atas kapal. “Mereka dengan sengaja menyerang tentara. Mereka telah dipukuli dengan tongkat tembakan, dipukul, bahkan ditikam. Tentara kami harus berjuang mempertahankan hidupnya,” tegasnya.

Video Aktivis sebelum Bentrokan
Ternyata aktivis sebelumnya telah merencanakan konfrontasi. Hal ini terlihat dari bukti video yang dirilis oleh IDF
Lihat Video


Dan juga senjata yang ditemukan dari hasil Investigasi.

0 comments