Lomba Menggambar Kartun Muhammad Menuai Protes Keras

Kementerian Agama Republik Indonesia mengajukan protes keras kepada penyelenggara lomba karikatur Nabi Muhammad yang diselenggarakan melalui facebook.

Dalam keterangannya, Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan, akan mencari data yang memprakarsai penyelenggaraan lomba tersebut. "Saya kira kita bisa protes keras nanti, setelah diketahui datanya, apakah itu diprakarsai oleh perorangan atau kelompok," kata Suryadharma Ali kepada wartawan di Jakarta, Rabu 19 Mei 2010.

Menurutnya, apa yang dilakukan facebook dengan menyelenggarakan lomba bergambar nabi adalah bentuk penistaan terhadap agama Islam.

"Bila memang benar, tidak ada kata lain selain bentuk penodaan dan penistaan terhadap agama Islam," tuturnya.

Karena itu, ia meminta kepada pemerakarsa lomba untuk menghentikan kegiatan tersebut, karena jelas ini sudah menyakiti perasaan umat Islam.

Saat ini, upaya Kementerian Agama adalah mencegah agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. "Soal sisi teknologi informasi itu tugas Menkominfo, bagaimana caranya tidak ada lagi hal-hal seperti itu," ujarnya.

Menyikapi masalah tersebut, Menkominfo Tifatul Sembiring akan mengambil langkah dengan menyurati grup Facebook yang menyelenggarakan lomba menggambar kartun Nabi Muhammad.

"Kita akan segera menyurati pengelola Facebook itu karena ini ada di luar negeri," kata Tifatul dalam jumpa persnya di Jakarta, Rabu.

Lomba menggambar Nabi Muhammad ini diumumkan grup yang menamakan Everybody Draw Mohammed Day! Lomba tersebut rencananya akan digelar pada 20 Mei 2010. Informasi yang dimuat di grup yang dibuat sejak 25 April 2010 itu menyebutkan, "May 20th 2010 is draw Mohammed day! Help spread knowledge about this important day - invite your friends!"

0 comments