Yerusalem Milik Siapa ya? Islam? Kristen atau Yahudi?

6:44 AM
Yerusalem Milik Siapa?
Kota Yerusalem adalah tempat yang dianggap suci oleh tiga agama, yakni Yahudi, Islam dan Kristiani.

Secara de facto kota ini dikuasai oleh Israel, dan dianggap sebagai Ibukotanya.

Ketika dihancurkan oleh bangsa Romawi pada abad pertama Masehi, Yerusalem dulu menjadi kota Kristen di bawah kekuasaan Kekaisaran Bizantium sebelum kemudian jatuh ke tangan Muslim pada abad ke-7. Prajurit Salib Eropa merebut kota tersebut selama satu abad, setelah itu Yerusalem kembali dikuasai Muslim selama 700 tahun hingga Inggris mengalahkan Kekaisaran Ottoman pada 1917.

Saat Inggris bersiap menarik diri, PBB mengusulkan peraturan internasional untuk kota tersebut pada tahun 1947. PBB mengusulkan Yerusalem menjadi corpus separatum (bahasa Latin: badan yang terpisah, kota atau wilayah yang diberikan status hukum dan politik khusus).

Proposal tersebut disusul dengan pertempuran yang berujung pada pendudukan Yerusalem Barat oleh Israel pada tahun 1948 dan pasukan Yordania di Yerusalem Timur. Israel mencaplok sisa kota Yerusalem dalam Perang Enam Hari pada tahun 1967.

Yerusalem, dalam perbatasan yang ditetapkan Israel namun tidak diakui internasional, kini dihuni 750.000 orang. Dua pertiga dari jumlah tersebut adalah Yahudi, sisanya merupakan warga Muslim Palestina.

Lalu pertanyaannya Yerusalem sebenarnya milik siapa?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah Yerusalem serta info lainnya mengenai kota Yerusalem ini, Anda bisa membacanya di wikipedia. Silahkan baca sendiri ya!

0 comments